Followers

Berita Baru

Sponsor

Banner Kamu

Sponsor Lainnya

Kamu Dari :

IP

Visitor

free counters

Page Popularity

Mitos Dan Fakta Tentang Telur

Diposting oleh Zaenal Arifin Minggu, 07 November 2010

Telur sumber protein terbaik sekaligus termurah. Namun, masih banyakyang perlu Anda ketahui lebih jauh tentang telur.

Rasanya tak ada orang yang tak kenal bahan makanan yang kayaprotein ini. Hampir semua orang pernah menyantapnya dalam aneka hidangan lezat, seperti nasi goreng, aneka kue, mi, dan sebagainya. Sedemikian merakyatnya telur ini sampai ada begitu banyak mitos yang
beredar di masyarakat mengenai telur. Sebagian ada yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, namun tidak sedikit yang salah kaprah. Simak penjelasan mengenai mitos tersebut dari Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS dari Departemen Gizi Masyarakat, Institut Pertanian Bogor.

TELUR OMEGA3 BIKIN CERDAS
Informasi "bikin cerdas" ini tidak sepenuhnya salah karena kandungan omega dalam telur Omega3 memang 15x lipat lebih tinggi dibanding telur biasa. Mengapa demikian? Tak lain karena untuk menghasilkan produk telur yang kaya akan kandungan asam lemak Omega3, pakan ayam petelurnya pun khusus. Asam lemak Omega3 memang sangat penting untuk kecerdasan. Itulah sebabnya, telur Omega3 sangat baik dikonsumsi balita. Namun harus diingat, kecerdasan seorang anak tidak hanya dipengaruhi oleh faktor nutrisi. Akan tetapi ditentukan oleh faktor genetik dan sejauh mana stimulasi yang diberikan lingkungannya. Ketiga faktor ini saling menguatkan satu sama lain.

Selain itu, telur jenis ini juga memiliki kandungan kolesterol yang rendah. Ini karena kandungan telur Omega3 anatara lain lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Perlu diketahui, kadar kolesterol yang tinggi potensial menimbulkan sumbatan pada pembuluh darah. Sumbatan inilah yang akan menyebabkan terjadinya serangan jantung maupun stroke. Hingga tidak berlebihan bila dikatakan telur Omega3 merupakan pilihan makanan yang sangat cocok untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan Omega3-nya pun mampu memperkuat otot-otot
jantung.

TELUR MENTAH/SETENGAH MATANG LEBIH BERKHASIAT
Tidak sedikit orang yang sedemikian percaya bahwa mengonsumsi telur mentah atau telur setengah matang bisa meningkatkan stamina mereka. Anggapan mereka, telur mentah lebih fresh sehingga amat baik untuk dikonsumsi.

Tentu saja anggapan ini hanya mitos. Pasalnya, telur mentah dan setengah matang merupakan telur yang belum siap dicerna tubuh. Lo, kenapa? Karena dalam kondisi mentah maupun setengah matang, ikatan proteinnya masih begitu kuat. Tubuh sulit memecahnya menjadi asam
amino sehingga proses untuk mencernanya pun berlangsung amat lambat. Makanya telur mentah mampu membuat yang bersangkutan merasa kenyang lebih lama. Boleh jadi berawal dari sinilah muncul mitos bahwa mengonsumsi telur membuat seseorang merasa lebih kuat beraktivitas, termasuk berolahraga.

Kebiasaan menambahkan madu ternyata memang membantu proses pencernaan. Madu mampu membantu telur agar bisa dicerna lebih baik oleh tubuh. Akan tetapi orangtua tetap harus memerhatikan masalah keamanan pangan. Apalagi saat ini banyak penyakit yang timbul akibat
bahan makanan yang tidak dimasak hingga matang, dari tifus sampai flu burung. Ingat, bakteri yang mungkin ada dalam telur mentah bisa saja masuk ke tubuh dan menyebabkan si kecil jatuh sakit. Terlebih jika daya tahan tubuhnya sedang buruk.

PUTIH TELUR SEBAIKNYA DIBUANG
Ditinjau dari kandungan gizinya, kuning telur memang lebih baik daripada putih telur. Semua jenis protein, kolesterol, lemak, vitamin A yang terkandung di kuning telur tidak dimiliki oleh putih telur. Selain itu, dalam kondisi mentah, putih telur memang bisa menghambat proses penyerapan vitamin A. Namun meski kandungan gizinya tidak sebaik bagian kuning, putih telur tetap layak dikonsumsi, asalkan dimasak matang. Lagi pula putih telur bisa dijadikan olahan lezat lainnya seperti kue. Sayang bukan jika dibuang?

TELUR AYAM KAMPUNG LEBIH BAIK DARIPADA TELUR AYAM NEGERI
Telur ayam kampung memang lebih baik karena mengandung asam amino yang lebih baik dan sekaligus lebih tinggi dibanding ayam ras maupun ayam negeri. Inilah yang menyebabkan semua kandungan gizi pada ayam telur kampung bisa diserap tubuh dengan lebih baik. Meski begitu, dari segi kandungan gizi, seperti lemak, kolesterol, vitamin, dan lainnya, tidak ada perbedaan mencolok antara telur ayam kampung dan ayam ras maupun ayam negeri.

TELUR MERUPAKAN MAKANAN TERBAIK SETELAH SUSU
Semua makanan mengandung protein tinggi atau rendah dalam 100 gramnya tergantung kadar airnya. Artinya, mengonsumsi susu sebanyak 100 cc dibanding telur ayam 100 gram, tentu saja nilai gizinya lebih baik telur ayam. Ini karena susu lebih banyak mengandung kadar air daripada telur. Sebagai gambaran, susu mengandung protein sekitar 3%, sedangkan telur sekitar 12%. Padahal harga 100 cc susu relatif jauh lebih mahal ketimbang 100 gram telur. Apalagi jika dibandingkan dengan daging. Karena itu, telur meru-pakan sumber protein hewani yang terbaik
sekaligus termurah.

JANGAN MAKAN TELUR SETIAP HARI
Cukup banyak orangtua yang tak membolehkan anaknya mengonsumsi telur setiap hari. Mereka khawatir gara-gara hobi makan telur, kadar kolesterol dalam darah anaknya meningkat secara drastis dan menimbulkan gangguan/penyakit serius. Pandangan ini tentu saja keliru,
apalagi jika diterapkan pada anak-anak Indonesia. Pasalnya, pola makan mayoritas anak Indonesia masih kurang bagus karena jarang minum susu, sementara makan daging pun belum tentu seminggu sekali. Nah, kalau telur pun dijauhi, maka sangat mungkin kekurangan gizi bakal menjadi masalah serius bagi generasi penerus.

Ini tentu amat berbeda dengan kondisi anak sebaya di negara-negara maju yang dalam menu sehari-harinya sering tersaji steak atau olahan daging lainnya dan secara teratur minum susu. Tak heran jika ada yang membatasi konsumsi telur hanya 4 butir dalam seminggu. Yang penting
diingat, masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan. Agar tumbuh kembangnya optimal, kecukupan asupan nutrisi yang baik tentu saja harus diperhatikan. Selain itu, kalau asupan gizinya kurang baik bukan tidak mungkin kecerdasannya tak berkembang semestinya.

Masalah kolesterol umumnya justru banyak muncul kala seseorang berumur 40 tahun ke atas dan bukan di usia anak. Ini bisa dimaklumi karena di usia tersebut biasanya hidupnya lebih makmur. Mereka inilah yang justru harus membatasi asupan makanan yang mengandung kadar
kolesterol tinggi. Kalau tidak, mereka akan terancam oleh gangguan jantung dan sejenisnya yang amat jarang dialami oleh anak-anak. Kalaupun ada, biasanya bukan karena hobi makan telur, melainkan karena faktor genetik

TELUR HAMBAT KEPIKUNAN
Kepikunan terjadi karena sel-sel otak mengalami kelaparan glukosa ataupun oksigen. Glukosa ini didapat dari sumber karbohidrat seperti nasi atau roti dan bukan dari protein seperti telur. Dengan demikian tidak ada kaitannya antara konsumsi telur dan kepikunan. Itulah
mengapa, dengan sarapan nasi atau roti, otak seseorang akan lebih siap untuk bekerja. Selain itu, kepikunan juga terjadi jika kekurangan asupan oksigen. Entah karena aliran pembuluh darahnya banyak yang tersumbat atau sebab lain. Aliran darah yang terhambat inilah yang membuat indvidu bersangkutan sulit mencerna informasi.

TELUR MERUPAKAN KONDISIONER YANG BAIK
Kondisioner memang ada kaitannya dengan protein dan zinc seperti yang banyak diiklankan oleh banyak produk sampo. Kurangnya asupan protein akan memunculkan gangguan dan aneka masalah rambut, dari rambut rontok, bercabang, kemerah-merahan, mudah patah, dan sebagainya. Tidak heran bila orang yang melakukan diet ketat dengan membatasi asupan lemak dan protein, rambutnya jadi gampang rontok. Karena itu, konsumsilah telur supaya rambut sehat dan kuat.



Artikel Terkait



137 komentar

  1. RichArt Says:
  2. lho bukannya biasanya kuning telur yang dibuang....kok ini putihnya... :p hehehe...lemak dong

     
  3. kunjungan perdana d blog ini, support & salam kenal gan :)

    jng lupa baca Sari Buah Segar yang Ajaib

     
  4. csr Says:
  5. owh jadi telur tuh hambat kepikunan.. weleh saya bru tau niy manfaatnya.. makasih sudah memberikan artikel yang bagus tentang kesehatan..

     
  6. blog sehat Says:
  7. Telur merupakan makanan bergizi dan mudah diperoleh dengan harga terjangkau. Telur mengandung kadar protein, vitamin serta mineral tinggi. Anda cemas akan kandungan lemaknya? Jangan khawatir, telur hanya mengandung sedikit lemak jenuh. Karena itu, jika ingin makanan yang cepat saji, telur bisa menjadi pilihan Anda. Berikut beberapa manfaat telur bagi kesehatan.

    Menjaga kesehatan otak

    Telur kaya akan choline yang sangat penting bagi kesehatan. Choline ini merupakan komponen kunci dari struktur yang mengandung lemak di sel-sel membran, yang kelenturan dan integritasnya bergantung pada persediaan choline. Dua molekul menyerupai lemak di otak, phosphatidylcholine dan sphingomyelin, tesusun dari choline. Kedua zat ini mengisi sebagian besar massa otak. Karne itu, choline sangat penting bagi fungsi otak dan kesehatan.

     
  8. putri Says:
  9. keren banget artikelnya.......

     
  10. djjar Says:
  11. Saya jadi pingin buat artikel tentang telur juga tapi tentang apa nya ya? ada ide? lha secara paling doyan makan telur hehe.....
    btw nice blog :D

     
  12. mitos tentang telur yg sering kita jumpai adalah pada point 2 yaitu "TELUR MENTAH/SETENGAH MATANG LEBIH BERKHASIAT".
    Ternyata anggapan itu tidak benar, OK sob terima kasih atas informasinya :)

     
  13. link4herbal Says:
  14. wah... gambarnya lucu :))

     
  15. sekedar informasi yang saya dpat , cangkang telur itu bermanfaat untuk menyumbat luka yang bercucuran darah

     
  16. katanya untuk sekarang telur yang di masak setengah matang cukup berbahaya karena di khawatirkan terjangkit flu burung

     
  17. thank yah info sehat nyah...
    berguna banget bagi saya
    insyaallah akan diaplikasikan di kehidupan sehar-hari

     
  18. Aji Wibowo Says:
  19. putih telur lebih bermanfaat untuk orang fitnes sbg sumber protein alami

     
  20. ... segala sesuatu hal yang special .. emang selalu pakai telur..he he....

     
  21. nomor 81 Says:
  22. blog yg menarik dan smoga byk yg mengunjungi..:) terima kasih

     
  23. Hauzan Kamil Says:
  24. Saya termasuk salah seorang yang meyakini mitos2 di atas seputar telur. Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan informasi yang masuk mengenai hal tersebut semakin luas, maka keyakinan tsb kini berangsur luntur.

     
  25. Info mantab! Ternyata banyak mitos yg salah tentang telur.

     
  26. Wah ternyata banyak ya manfaat telur, gak rugi ane selama ini makan telur :D

     
  27. wahh, mubazir nhuw kalo putih telur di buang, mending di dadar semua...

     
  28. ternyata telur sangat baik untuk kesehatan. dan banyak manfaatnya

     
  29. sapta toni Says:
  30. telur memang sehatt sekali, apalagi putih telur karena mengandung protein tinggi

     
  31. thanks bro ud share:)

     
  32. banyak sekali ya manfaat artikel ini..makasih gan infonya

     
  33. saya tunggu postingan yang baru gann

     
  34. telur emang bikin cerdas...terbukti teman saya yang sangat suka telur kecerdasannya lebih tinggi dibanding saya...

     
  35. mantep gan informasinya,

     
  36. ternyata banyak juga manfaat dari telur ya..thanks gan

     
  37. thanks buat infonya

     
  38. telur memang sangat bermanfaat..thanks buat infonya

     
  39. artikelnya sangat bermanfaat gan..

     
  40. blog yang sangat bermanfaat gan, semoga banyak yang mengunjungi...

     
  41. yanzzz Says:
  42. makasih infonya

     
  43. Thanks for your sharing, this very informative... keep posting..

     
  44. ron Says:
  45. saya suka makan telur :)
    ternyata gizinya tinggi jg ya...

     
  46. doni cool Says:
  47. artikel yang sangat informatif...

    artikel menarik seputar kesehatan juga bisa dilihat di Facts & Health

     
  48. apakah justru malah telur itu kalorinya paling tinggi, bahkan telur puyuh yang kecil kalorinya malah tinggi sekali

     
  49. ternyata telur memiliki manfaat bagi kesehatan yang begitu banyak,.. terimakasih infomasinya,..

     
  50. berarti gak masalah yaa kalo anak'' kecil terbiasa makan telur,
    tapi jangan sampai cuma mau makan telur doank tiap hari yaa,,
    makasih yaa gan infonya,,,

     
  51. obatherbal99 Says:
  52. memang telur itu sangat bermanfaat, kita tahunya hanya dimakan

     
  53. saya makan 2 telur setiap pagi, sebelum berangkat kerja.
    memang terasa sekali manfaatnya.
    nice info
    salam kenal

     
  54. roman Says:
  55. artiekl yang menarik..

    Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

     
  56. baguss ..
    tapi sayang saya tidak boleh makan telur .

    nice info ,,
    thank's gan ..

     
  57. berkat aritkel ini akhirnya saya mengtahui fakta mengenai telur

     
  58. wahh banyak sekali mafaatnya ya buat kesehatan...

     
  59. tricajus Says:
  60. nice info gan

     
  61. Obat Mandul Says:
  62. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan tentang telur ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

     
  63. waw,,, banyak banget ya manfaat telur,,, makasih atas artikel yang menarik ini...
    Salam ,,,Semangat Untuk Sehat,,,

     
  64. langsung di coba kak,,,

     
  65. wah nambah info nih..bagus infonya bos.

     
  66. Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat untuk referensi blog saya, sukses ya untuk semua !

     
  67. wah info nya menarik n bermanfaat !!

     
  68. informasinya yang sangat bermanfaat :D,....salam kenal ya, rajin rajin mampir sini ah..
    monggo kunjungan baliknya..

     
  69. Hai para pembaca sekalian, sebelumnya saya permisi dulu numpang sharing
    jika and para pembaca sekalian yang sekiranya berminat bisnis online atau ingin mendapatkan
    uang diinternet, silahkan bergabung untuk belajar bersama Anne Ahira di asian brain mengenai kiat-kiat, serta tips dan trik berbisnis online bagi pemula yang gaptek sampai yang sudah mahir

    ayo gabung sekarang juga,...untuk review produk silahkan klik teks "Join Asian Brain "

    terimakasih atas perhatiannya,..sampai jumpa di asian brain

     
  70. Anonim Says:
  71. keren yaaa


    gbung jga yaa
    http://motogp.unsri.ac.id/index.php/category/1

     
  72. kun_bero Says:
  73. kepada teman blogger..
    kami dari ads.kunbero.com menawarkan anda untuk mendaftar menjadi publisher kami...
    ads.kunbero.com adalah program PPC terbaru di indonesia...
    PPC adalah program periklanan dimana sebagai blogger anda akan mendapatkan uang dari iklan yang anda pasang..
    untuk lebih jelasnya langsung saja ke ads.kunbero.com dan mendaftar menjadi publisher kami...
    terima kashih

     
  74. halo, salam kenal, ternyata telur ini banyak juga manfaatnya ya..dan banyak mitos yang beredar, yang pasti bahan makanan yang sangat mudah di masak,,

    salam sukses

     
  75. informasinya sangat bermanfaat sekali nih...

     
  76. Informasi kesehatan yang sangat membantu banget...
    Darah Tinggi

     
  77. Sukses untuk web nya, semuanya bermanfaat

     
  78. irmansyah Says:
  79. salam kenal, artikel2 nya sangat membantu saya

    obat herbal limpa bengkak
    pengobatan sariawan
    jus sehat

     
  80. Terima asih atas infromasi yang sdah disampaikan sangat menarik sekali gan !
    ditunggu ja kunjungan bailknya

    http://goo.gl/WNI6L

     
  81. Ane baca dari artikelnya "Jangan makan telur setiap hari"
    yang jadi pertanyaan ane...gimana tuh yaang para binaragawan kayak Ade Ray...katanya seh denger denger dia makan telur tiap hari tuh...banyak lagi...
    kalo kata orang tua tuh jangan makan telur kalo lagi sakit bisul...ntar tambah banyak...kalo yang ituh kayaknya bener...

     
  82. atom Says:
  83. Sayang sekali di 2013 ini telur setengah matang dikuatirkan terjangkit virus flue burung, padahal memakan telur setengah matang itu enaknya luar biasa.

    http://synergysmartdetox.com

     
  84. handayani Says:
  85. postingannya menarik, gambarnya luar biasa menarik haha:D

     
  86. Artikel yg menarik, thanks untuk infonya
    Terima asih atas infromasi yang sdah disampaikan sangat menarik sekali gan !
    ditunggu ja kunjungan bailknya
    Obat Herbal Gagal Jantung
    Obat Luka Lambung

     
  87. informasi sangat bermanfaat, ternyata telur bagus untuk kesehatan

     
  88. jelly gamat Says:
  89. wah.. kerren nih kak artikelnya..
    nambah wawasan, makasih.. :)

     
  90. thanks atas infonya

     
  91. obroy Says:
  92. terima kasih banyak atas informasinya !!!!

     
  93. dilihat dari fakta-fakta ini sangat banyak sekali manfaat telur ya....terimakasih atas infoya gan..

     
  94. keren gan infonya , salam kenal !

     
  95. oh ternyata itu semua mitos yaaaa

     
  96. makasih banyak Min infonya..........

     
  97. mantap sekali info kesehatannya Bro............

     
  98. ternyata yang saya tw selama ini hanya mitos yaaa????

     
  99. asli loh baru tw aku,hehehee

     
  100. indonesia Says:
  101. Asyik juga nih baca artikel kesehatan, untuk sobat lain yang ingin menambah beberapa informasi kesehatan bisa berselancar di bawah;
    Herbal bagi penderita Penyakit AIDS * Gejala Penyakit AIDS * Sebab-sebab Penyakit AIDS * HERBAL BAGI PENYAKIT AIDS * Pengobatan Penyakit Malaria Menggunakan Herbal * Gejala Penyakit Malaria * Sebab-sebab Penyakit Malaria * HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT MALARIA * Pengobatan Penyakit Osteoporosis Menggunakan Herbal * Gejala Penyakit Osteoporosis * Sebab-sebab Penyakit Osteoporosis * HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT OSTEOPOROSIS * Pengobatan Pennyakit Tuberkulosis Menggunakan Herbal * Gejala Penyakit Tuberkulosis * HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT TUBERKULOSIS * Pengobatan Penyakit Ginjal Menggunakan Herbal * Gejala Penyakit Ginjal * Sebab-sebab Penyakit Ginjal * HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT GINJAL * 9 Pengobatan Alternatif Penyakit Hepatitis Menggunakan Herbal * Gejala Penyakit Hepatitis / Liver * Sebab-sebab Penyakit Hepatitis / Liver * Sekilas Tentang Penyakit Hepatitis * HERBAL BAGI PENDERITA PENYAKIT HEPATITIS/LIVER * 10 Pengobatan Alternatif Penyakit Diabetes Melitus dengan Herbal

     
  102. Telur omega3 mahal, ikut kontes blog dlu deh baru beli telur omega3 :D...btw ayo ikutan kontes blog dengan tema "Bodrex Juaranya Cepat" hanya di http://microsite.viva.co.id/bodrex pendaftaran sampai 31 Juli, hadiah total Rp. 15jt

     
  103. Aryanto Says:
  104. telur memang enak dan kaya manfaat obat penyakit asam urat

     
  105. terima kasih banyak infonya gan, sangat bermanfaat sekali bagu ane yang sedang mencari pengetahuan tentang kesehatan

     
  106. Johnybf Says:
  107. Kuning telur kadang kadang dipercaya orang memiliki gizi yang tinggi. Memang iya sih, tapi kolesterolnya juga tinggi benar.

     
  108. terimakasih atas sharingnya gan... informasi yang sangat bermanfaat. senang telah berkunjung..

     
  109. Telor Kampung .... saya suka .... bikin perkasa ... he he .... so " cowok Perkasa "

     
  110. Informasi bagus, mari biasakan makan telur agar generasi kita yang akan datang lebih berkwalitas dan cerdas,
    silahkan kunjung ke 1975119.blogspot.com kumpulan informasi kesehatan dan bisnis.

     
  111. informasi sangat bermanfaat,saya penggemar telur juga soalnya..thanks ya

     
  112. betul banget, telur memang terbukti banyak sekali manfaatnya..

    selain itu juga telur dapat membantu mempercepat pertumbuhan tinggi badan, karena untuk menambah tinggi badan dibutuhkan asupan protein yg ckup.

    konsumsi rutin telur membantu meningkatkan stamina dan mepercepat pertumbuhan tinggi badan

     
  113. Busana Ku Says:
  114. Thx atas artikelnya yg sangat bermanfaat
    http://www.facebook.com/busanaku

     
  115. ingin-sembuh Says:
  116. mo tanya, kandungan gizinya bagus mana antara telur ayam kampung dengan telur bebek? trims infonya, kunjung balik ya ke blogku http://ingin-sembuh.com

     
  117. Informasi Kontes SEO untuk para blogger gan.. Ada 4 kontes SEO yang bisa diikuti, tanpa dipungut biaya sama sekali (gratis) dan tidak ada batasan untuk peserta (umur, status, maupun pekerjaan).

    *Kontes seo Rgo Poker www.kontes-seo-rgopoker.net / www.kontes-seo-rgopoker.com. Total hadiah 32.jt
    12 januari 2014 - 12 maret 2014

    *Kontes seo Afa Togel www.kontes-seo-afatogel.com/ Total hadiah 25.jt
    18 januari 2014 - 18 maret 2014

    *Kontes seo Batik Poker www.kontes-seo-batikpoker.com/ Total hadiah 32.jt
    22 januari 2014 - 22 maret 2014

    *Kontes seo Eyang Togel www.kontes-seo-eyangtogel.com/ Total hadiah 25.jt
    26 januari 2014 - 26 maret 2014

    info lebih lengkap masuk aja ke situsnya

     
  118. Terimakasih banyak atas informasinya,, sangat bermanfaat.

     
  119. melihat gambarnya saya kira manfaat telur yang disebutkan akan membahas jika telur di letakkan di wajah, padahal tidak hanya sekedar itu banyak hal lain yang disampaikan di dalam pos ini, nice info (y) :)

     
  120. health Says:
  121. nice info.
    healthterapi.blogspot.com

     
  122. Informasi untuk anda para blogger yang ingin mengikuti kontes seo. Th 2014 ini ada 4 situs yang menyelenggarakan kontes seo dan total hadiahnya hinga puluhan juta rupiah. Informasi ini sudah sempat di publish sebelumnya di forum ini.

    Kontes SEO ini bukanlah penipuan, karena di situsnya sendiri juga menampilkan informasi mengenai kontes seo.
    Siapapun boleh ikutan, baik pemula ataupun yang sudah profesional dan kesempatannya sangat banyak.

    Kontes Seo Batik Poker ( http://kontes-seo-batikpoker.com )
    kontes ini dipersembahkan oleh situs Batik Poker dan sudah berjalan dari tanggal 22 januari - 22 maret.
    Total hadiah 32 juta rupiah kepada 50 pemenang.
    Juara 1: Uang tunai Rp 10.000.000,-
    Juara 2: Uang tunai Rp 7.500.000,-
    Juara 3: Uang tunai Rp 5.000.000,-
    Juara 4: Uang tunai Rp 2.000.000,-
    Juara 5: Uang tunai Rp 1.000.000,-
    Juara 6-10: Uang tunai Rp 500.000,-
    Juara 11-20: Uang tunai Rp 200.000,-
    Juara 21-30: Uang tunai Rp 100.000,-
    Juara 31-50: Uang tunai Rp 50.000,-



    Kontes Seo Afa Togel ( http://kontes-seo-afatogel.com )
    kontes ini dipersembahkan oleh situs Afa Togel dan sudah berjalan dari tanggal 18 januari - 18 maret


    Total hadiah 25 juta rupiah kepada 50 pemenang.
    Juara 1: Uang tunai Rp 8.000.000,-
    Juara 2: Uang tunai Rp 6.000.000,-
    Juara 3: Uang tunai Rp 3.900.000,-
    Juara 4: Uang tunai Rp 1.400.000,-
    Juara 5: Uang tunai Rp 700.000,-
    Juara 6-10: Uang tunai Rp 400.000,-
    Juara 11-20: Uang tunai Rp 150.000,-
    Juara 21-30: Uang tunai Rp 100.000,-
    Juara 31-50: Uang tunai Rp 50.000,-



    Kontes Seo Eyang Togel ( http://kontes-seo-eyangtogel.com )
    kontes ini dipersembahkan oleh situs Eyang Togel dan akan berjalan mulai dari tanggal 26 januari - 26 maret

    Total hadiah 25 juta rupiah kepada 50 pemenang.
    Juara 1: Uang tunai Rp 8.000.000,-
    Juara 2: Uang tunai Rp 6.000.000,-
    Juara 3: Uang tunai Rp 3.900.000,-
    Juara 4: Uang tunai Rp 1.400.000,-
    Juara 5: Uang tunai Rp 700.000,-
    Juara 6-10: Uang tunai Rp 400.000,-
    Juara 11-20: Uang tunai Rp 150.000,-
    Juara 21-30: Uang tunai Rp 100.000,-
    Juara 31-50: Uang tunai Rp 50.000,-

     
  123. Terimakasih infonya yaa. boleh juga

    Salam Sehat: cara menaikkan trombosit dengan cepat

     
  124. putih telur lebih bermanfaat untuk orang fitnes sbg sumber protein alami

     
  125. Nano Spray Says:
  126. Nano Spray adalah teknologi kesehatan terbaru buatan asli Jepang (terdaftar di Dinas Kesehatan No. YF.05.05/299/2013) untuk perawatan kulit wajah yang dapat mengurangi munculnya garis – garis kerutan yang biasanya ada pada kulit wajah. Berikut ini adalah Kegunaan Nano Spray yang kami jual :

    1. Mengatasi semua permasalahan pada kulit anda
    2. Mempercepat penggantian sel kulit wajah & mencegah kerusakan sel
    3. Melembabkan kulit wajah yang sensitif.
    4. Menjadikan wajah anda halus, mulus, cerah, bebas jerawat, flek hitam, dan kerutan
    5. Tidak memiliki efek samping

    Order Sekarang juga!! http://stokistnanospray.com/

     
  127. lang Says:
  128. banyak juga manfaat telur, artikel yang bermanfaat, thanks infonya

     
  129. Jendela Cito Says:
  130. Sekarang ini banyak telur yang gak sehat dan tidak alami lagi...terima kasih infonya

     
  131. Minyak Ikan Says:
  132. God job . . Thanks !!

     
  133. wah mantep artikelnya gan,,,,,,,,,ternyata telur banyak manfaatnya


    Blogwalking/ saling kunjung yuuukk jangan lupa tinggalkan coretanya yea

     
  134. Solusi Sederhana Atas Kekecewaan Adalah Bangun Dan Bergeraklah
    http://goo.gl/MkJWHd
    http://exl.me/k3u2
    http://bit.ly/1ze8Z0L

     
  135. Matahari boleh-boleh saja berhenti bersinar, tukang bapaw bisa saja berhenti berjualan, tapi tidak dengan cintaku padamu.

     
  136. sungguh berita yang baik untuk saya yang merupakan penggemar telur

     
  137. mantaaaaaaaaaaaaaaaap

     
  138. ulfa Says:
  139. artikelnya bagus- bagus agan admin......... untuk info seputar pelangsing kunjungi di http://pelangsingulfahasan.com

     
  140. Selamat sore teman teman.
    Saya sudah baca web ini dan berisi ilmu yang sangat bermanfaat bagi yang membaca.
    saya juga ingin membuat blog mudah mudahan bisa share ilmu yang brmanfaat untuk semua

    Mau tips mulai dari :
    -Tips belanja aman
    -tips membangun rumah sendiri
    -tips memilih kontraktor yang bagus
    -tips mendesign rumah tumbuh
    -tips kesehatan
    -tips belanja online
    -tips belanja baju paling update dan murah
    -tips memilih fashion yang bagus
    -bagaimana membuat kue yang enak
    -membuat masakan tanpa MSG
    dan lain lain

    Tolong rekan rekan mampir kesini ya
    http://oursecrettips.wordpress.com/

    http://www.jombor.com
    www.jombor.com/tipsbangunrumahhemat

    Makasihhh

    Jeanne Bernadette

     
  141. Kekasihku, tolong janganlah menyuruh aku untuk berubah, karena aku bukan satria baja hitam RX.
    http://goo.gl/FD9TA7

     
  142. amin raha Says:
  143. halo semuanya, saya mau menawarkan produk obat herbal kesehatan, obat yang

    saya jual dijamin aman dan sudah memiliki lisensi di BPOM Indonesia, jadi sudah layak untuk dikonsumsi untuk kita

    semua.

    saya mau menawarkan obat asam urat

    tradisional
    Prinurin herba, dimana obat ini dapat menyembuhkan penyakit asam urat untuk selamanya. Bila selama

    ini yang anda tau penykt asam urat tidak bisa sembuh, kini penyakit tersebut bisa di sembuhkan.

    Bila anda ingin melangsingkan badan atau ingin melangsingkan perut buncit anda, sebaiknya anda mengkonsumsi Tommato

    Slimming Capsule. obat

    pelangsing badan
    badan Tommato ini terbuat dari buah tomat yang masih segar dan ramuan herbal lainya yang mampu

    menurunkan berat badan hingga 3-5kg dalam waktu 1 minggu.

    celana hernia

    Citrus Aurantium compound adalah obat hernia terbaik dan paling herbal dari obat hernia yang pernah ada. Penyakit

    hernia atau turun berok akan langsung sembuh tanpa harus ke dokter.

    coba gunakan obat wasir

    DragonRear untuk menyembuhkan wasir atau ambeien anda. Dragon Rear mampu menyembuhkan penyakit ambeien yang masih

    baru ataupun yang sudah parah dan berdarah.

    Mr.p anda kecil ?? Gunakan obat

    pembesar penis
    Merek vimax yang benar - benar asli dari canada ini.

    obat pembesar penis

    permanen
    akan menjadikan Mr.p anda lebih panjang, besar dan tahan lama saat melakukan hubungan bada dengan istri

    anda.

    Untuk anda yang berada di semarang, kami juga jual vimax di semarang yang siap mengantarkan pesanan anda hingga kerumah anda. Hanya kamilah

    penjual obat pembesar Mr.p
    vimax semarang yang terpercaya

     
  144. Terimakasih y info nya . . sangat bermanfaat sekali

     
  145. kasian banget tuch muka model nya . . hihihi

     
  146. Asianbet77 adalah Komunitas para Betting dan Olaharga Mania yang terbesar Pilihan Para Bettor di Indonesia, Dengan hadirnya Asianbet77 sebagai[URL="http://www.asianbet77.com"] Agen Tangkas Net [/URL]maka para komunitas betting bisa berkumpul dan berbagi di dalam situs ini. Selamat Bergabung dan Semoga Suksess Selalu.

    Pin BB: 2B4BB06A
    Wechat: asianbet_77
    YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    sms/WA: +63 910 521 37234

     
  147. wah telor tenyata bagus ya kasiatnya

     
  148. sherlina Says:
  149. www.indobet77.com

    Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
    dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

    Promo Terbaru :
    - Bonus  10% New Member Sportsbook
    - Bonus 5% New Member Casino Online
    - Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas
    - CASHBACK untuk Member
    - BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : indobet77_sb2@yahoo.com
    - EMAIL : indobet77@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7238
    - WECHAT : indobet77
    - SMS CENTER : +63 905 213 7238
    - PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

    Salam Admin ,
    http://indobet77.com/

     
  150. Hesly Lamba Says:
  151. Masalah Kesehatan semakin banyak di beritakan oleh media massa,berdasarkan kasus kesehatan bahkan masuk menjadi headline.

    http://jenispenyakitku.blogspot.com/

     
  152. terimakasih buat infonya, sangat bermanfaat

     
  153. artikel yang sangat menarik, menambah wawasan.

     
  154. artikel menarik sekali , salam sukses ya gan

     
  155. salam sehat selalu dan sukses

    http://goo.gl/3zuaVU

     
  156. Nadif Says:
  157. Salam sehat

    Terkadang kita bingung ketika saudara/teman dan tetangga kita mengalami gangguan jiwa, bukan?
    Dan kitapun mulai mencari cari dimana tempat penyembuhan dan rehabilitasi, bukan?
    Dan mungkin ini adalah akhir dari semua pertanyaan kita setelah mengetahui ada sebuah benih harapan baru di depan kita. Dan Saya penasaran apakah persisnya yang akan kita lakukan segera setelah melihat ini :
    http://rumahterapikhalifa.com/klinik-hipnoterapi atau http://rumahterapikhalifa.com

    Salam sehat selalu
    55246ECC

     
  158. terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali bagi kehidupan sehari hari

     
  159. Mitra303 | Bola Online | Agen SBOBET | Agen Poker | Agen IBCBET | Agen Judi
    Agen Judi
    Bandar Judi
    Agen Bola Online
    Bandar Bola
    Agen SBOBET
    Agen Casino
    Agen Poker
    Agen IBCBET
    Agen Asia77
    Agen Bola Tangkas
    Prediksi Skor

    Prediksi Skor CRYSTAL PALACE FC VS ARSENAL 16 Agustus 2015
    Prediksi Skor MANCHESTER UNITED VS CLUB BRUGGE KV 19 Agustus 2015
    Prediksi Skor RAPID VIENNE VS SHAKHTAR DONETSK 20 Agustus 2015

     
  160. Mitra303 | Bola Online | Agen SBOBET | Agen Poker | Agen IBCBET | Agen Judi
    Agen Judi
    Bandar Judi Mitra303
    Bola Online
    Bandar Bola Terpercaya
    Agen SBOBET
    Agen Casino
    Agen Poker
    Agen IBCBET
    Agen Asia77
    Agen Bola Tangkas
    Prediksi Skor

    Prediksi Skor MANCHESTER UNITED VS CLUB BRUGGE KV 19 Agustus 2015
    Prediksi Skor RAPID VIENNE VS SHAKHTAR DONETSK 20 Agustus 2015
    Prediksi Skor DINAMO MINSK VS FC SALZBOURG 20 Agustus 2015
    Prediksi Skor ASTRA PLOIESTI VS AZ ALKMAAR 20 Agustus 2015
    Prediksi Skor LEICESTER CITY VS TOTTENHAM HOTSPUR 22 Agustus 2015
    Prediksi Skor EMPOLI VS CHIEVO 24 Agustus 2015

     
  161. Gudang 303 Says:
  162. GUDANG303 MASTER BETTING TERPERCAYA

    AGEN SBOBET
    AGEN BOLA
    AGEN JUDI
    REGISTER GUDANG 303
    DEPOSIT GUDANG303
    WITHDRAW GUDANG303
    PERATURAN GUDANG 303
    BONUS GUDANG303
    LIVESCORE GUDANG 303
    PREDIKSI GUDANG 303
    LINK ALTERNATIF

     
  163. fransiska Says:
  164. Saya jarang makan telur karena kalo kebanyakan biasanya pasti jadi bisul.

     
  165. wah bagus sekali manfaat telur ini ternyata ya, jadi makin suka sama telur..

     
  166. infonya sangat menarik gan, semoga sukses

     
  167. perfect perfect fried rice, good post for the beginners as well..Super Prema, loved the presentation very much
    Selaput Dara Buatan
    Vimax asli Canada
    Obat Perangsang
    viagra usa
    Bio Slim Herbal
    Obat Mata Herbal
    Perangsang Wanita
    Obat Perangsang Cair
    Perangsang Sex Drops
    Vimax Oil
    Semenax Penyubur Sperma
    Vagina Tabung
    Vagina Center
    Boneka Full Body
    Vagina Pinggul
    Alat Bantu Sex Pria
    Vagina Elektrik
    Penis Elektrik
    Penis Tempel
    Penis Manual
    Penggeli Vagina
    Penggemuk Badan
    Procomil Spray
    Cialis
    Meizitang
    Fatloss
    Grow Up
    Celana Hernia
    Vigrx
    Pelangsing Lida
    Vakum Penis
    Alat Pembesar Penis
    Pembesar Payudara
    vimax canada

     
  168. jejen Says:
  169. terima kasih min telah memberikan ilmu yang bermanfaat

     
  170. Artikelnya bagus banget
    Untuk informasi tambahan seputar "keperkasaan pria" silahkan klik Obat Kuat Bergaransi

    Obat Kuat Bergaransi

    Obat Kuat Bergaransi

    Obat Kuat Bergaransi

     
  171. Lisa Andini Says:
  172. Agen SBOBET - Agen JUDI - Agen Judi Online - Agen Bola - Agen 988Bet
    Agen Sbobet
    Agen Judi Online
    Agen Judi
    Bandar Judi
    Agen Bola Bonus
    Bandar Asia77
    Agen Poker
    Agen Asia8
    Agen 1sCasino
    Agen Casino
    Agen Bola IBCBET
    Agen Bola Sbobet
    Prediksi Bola

     
  173. Andi Taufik Says:
  174. Terima Kasih atas sharing yang sangat bermanfaat,,
    Saya ingin mengajak teman2 semua menciptakan lingkungan blog yang positif dan saling dukung,
    Di blog saya ada buku tamu yang bisa teman2 jadikan tempat untuk pasang back link ke blog nya masing2,
    Silahkan berkunjung, terima kasih

     
  175. many times I visit your blog and I am very happy to be still visit your blog .

    cara mengobati penebalan dinding rahim tanpa kuret

     
  176. Terimakasih atas informasinya

    DISKON BESAR untuk Madu, Propolis dan Obat Herbalnya di
    dexaherbal.com

     
  177. Thank you for sharing this information with us as readers .

     
  178. nice and interesting article . continue to maintain the quality of information and good luck .

     
  179. Putri F Says:
  180. Terimakasih Telah Berbagi Informasi

    DAFTAR GRATIS OKEYNOTES.COM ONLINE DUNIA SEJAK 2012
    ANDA LANGSUNG DAPAT MEMBUAT
    IKLAN BARIS
    MARKETPLACE
    FORUM
    BLOG
    HALAMAN MEDIA
    SIMPAN FOTO ALBUM
    POSTING MUSIK
    POSTING VIDEO
    POSTING MENERIMA DONASI
    CHATTING PRIBADI DAN GROUP
    KIRIM FILE DOKUMEN
    KEUNTUNGAN POIN
    BERBELANJA ONLINE
    PERBANYAK TEMAN DAN JARINGAN ANDA DENGAN JUTAAN PEMIRSA YANG AKAN MELIHAT POSTINGAN ANDA
    Tipe Iklan
    1. Iklan Banner (Slideshow, Flash Banner)
    2. Iklan Klik (Sponsor, Platinum, Gold, VIP)
    3. Iklan Media Sponsor

     
  181. Klg Asli Says:
  182. Thank you for his article
    I can learn a lot and could also be a reference
    klg asli - Thanks this has been my natural looking,
    I will always wait for your latest article

    klg
    klg pil
    agen klg
    agen klg asli
    obat pembesar penis
    vimax spray
    vimax spray medan

    klg medan
    agen klg medan
    Jual klg medan

    vmenplus
    vmenplus asli

    vimax
    vimax asli

    vimax spray
    vimax men delay spray
    vimax delay spray
    vimax delay spray

     
  183. fadhilsut Says:
  184. http://hiraukan-saja.blogspot.co.id/, bagus gan info infonya.... jadi tau fakta dan mitos tentang telur

     

Posting Komentar